SEMINAR NASIONAL “MEMBENTUK GENERASI PEDULI LINGKUNGAN” - Universitas Jambi Fakultas Keguruan dan Pendidikan bersama WALHI Jambi

Salah satu masalah besar yang dihadapi di wilayah Provinsi Jambi saat ini adalah masalah kerusakan lingkungan. Masalah kerusakan lingkungan ini terutama disebabkan oleh ulah manusia,diantaranya adalah aktifitas di sektor hutan, sungai dan lain-lain. Semakin lama permasalahan lingkungan ini semakin menjadi ancaman besar bagi kehidupan di Provinsi Jambi, yang berdampak padaterjadinya bencana alam dan kerugian baik materiil maupun moril.
Eko saat memberikan materi di seminar "Membentuk Generasi Peduli Lingkungan

Sebagai contoh, peristiwa kebakaran lahan dan hutan pada tahun 2015 di Provinsi Jambi adalah salah satu bentuk perilaku manusia yang tidak berpihak pada lingkungan. Akibatnya kita sebagai masyarakat Provinsi Jambi mendapat dampak negatif dari kebakaran lahan dan hutan  tersebut. Selain peristiwa kebakaran lahan dan hutan di tahun 2015, Provinsi Jambi ditahun 2017 ini juga mengalami peristiwa banjir sebagai akibat dari perilaku manusia yang tidak peduli pada lingkungan.


Dari kedua peristiwa diatas dapat dilihat bahwa perilaku manusia yang tidak peduli lingkungan semakin meningkat di Provinsi Jambi. Komitmen dan kepedulian terhadap keberpihakan lingkungan di Provinsi Jambi, menjadi salah satu persoalan besar yang harus diselesaikan bersama, baik dilevel pemerintah, NGO maupun masyarakat.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Jambi secara umum dan  khususnya generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungan, Mahasiswa/i Universitas Jambi Jurusan FKIP yang bekerja sama dengan WALHI Jambi, kemarin pada tanggal 9 April 2017 mengadakan acara Seminar yang bertajuk "Membentuk Generasi Peduli Lingkungan". Dalam kegiatan ini turut mengundang beberapa instansi terkait untuk memberikan pemahaman akan permasalahan lingkungan diantaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kehutanan Provinsi, dan beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jambi.

WALHI Jambi diberikan kesempatan untuk memberikan materi di acara tersebut, yang dimana kerusakan lingkungan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi prioritas WALHI Jambi itu sendiri. Eko Mulia Utomo selaku perwakilan dari WALHI Jambi sebagai narasumber di acara seminar tersebut menerangkan "Generasi saat ini perlu diberikan pemahaman tentang lingkungan, agar turut membantu dalam menjaga lingkungan dan menanggulangi kerusakan lingkungan sehingga tidak semakin berdampak parah, karena generasi muda saat ini merupakan penentu bagi kelangsungan kehidupan selanjutnya, dan saya berharap kegiatan dapat dilaksanakan secara continue atau tidak cuma saat ini".
Foto Bersama di Akhir Kegiatan

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.