Walhi Jambi Usulkan Status Kabut Asap jadi Siaga Darurat Nasional

Walhi Jambi Usulkan Status Kabut Asap jadi Siaga Darurat Nasional
Sebuah rumah di kawasan Tanah Mas yang fotonya diambil dari jarak 10 meter nyaris tak terlihat karena tertutup kabut asap
Belum meredanya kabut asap yamg menyelimuti wilayah Provinsi Jambi pemerintah diminta untuk menetapkan bencana asap yang telah terjadi di Jambi maupun beberapa daerah lainnya ini statusnya menjadi bencana nasional.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi, Musri Nauli mengatakan karena kabut asap telah mencakup beberapa provinsi untuk ditetapkan menjadi siaga darurat nasional.
"Kita mendorong ini jadi darurat nasional, karena 5 provinsi sudah tetapkan siaga darurat. Ketika darurat nasional maka semua potensi nasional bisa dikerahkan. Kita harapkan Presiden keluarkan Inpres untuk menangani ini," kata Musri.
Rudi Syaf Manager Komunikasi KKI Warsi mengatakan Jambi dan Riau merupakan daerah yang terdampak akibat masih adanya kebakaran lahan gambut di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.
"Kondisi terakhir pantauan satelit Terra & Aqua Jambi tidak ada titik panas, sementara Sumsel dan Lampung terpantau titik panas," katanya.
"Karena lingkupnya sudah luas kita usulkan ini darurat nasional sehingga penanganannya bisa terpadu secara nasional," kata Rudi.
Penjabat Gubernur Jambi, Irman mengatakan usulan tersebut bakal disampaikan ke pusat pada rapat yang akan dilakukan dengan Menko Polhukam, Rabu mendatang.
"Agar tidak lagi melihat bencana provinsi oleh karena itu di pusat hari Rabu kita usulkan bagaimana menggerakkan kemampuan nasional untuk menekan karhutla dan dampaknya," kata Irman
Sumber :Tribun Jambi

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.