Melawan asAPP


Aksi yang dilakukan oleh beberapa elemen diantaranya Walhi Jambi, KKI WARSI, SS-PUNDI, AGRA, FMN, BERANDA, Mapala Himapastik, Mapala CALDERA, Mapala OASE, Mapala GITASADA, MAPELBI, FKPAJ, Mapala IAIN, Kawan IMAU.

Aksi dilakukan kali ini untuk melakukan tekanan kepada Pemerintah jambi agar melakukan tindakan-tindakan serius terkait dengan fenomena asap yang semakin hari semakin bertambah parah di Provinsi Jambi.
Masa aksi yang berjumlah 200 orang melakukan persiapan disimpang BI Telanai Jambi, dengan menggunakan beberapa perangkat aksi seperti spanduk dan yel-yel yang dituliskan di kertas karto. Setelah selesai persiapan dilakukan, pukul 9.30 masa aksi kemudian berkumpul ditengah-tengan simpang BI dan melakukan orasi.
Setelah melakukan orasi dari beberapa lembaga, tepatnya pukul 10.00Wib, masa aksi kemudian berjalan menuju ke gedung DPRD Provinsi Jambi. sesampainya di gedung DPRD, masa aksi kemudian melanjutkan orasi yang disampaikan kembali oleh beberapa lemen yang terlibat dalam aksi.
Pukul 10.30 Wib, setelah dilakukan proses negosiasi yang dilakukan oleh perwakilan masa aksi dengan wakil ketua DPRD Provinsi Jambi, perwakilan masa aksi kemudian disepakati untuk masuk kedalam gedung untuk melakukan Hearing/pertemuan dengan pihak dewan.


Dalam permintaan yang diajukan oleh masa aksi, pertemuan yang dilakukan harus melibatkan instansi terkait seperti (Dinas kehutanan, perkebunan dan Pemda Provinsi Jambi).
Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, perwakilan instansi terkait yang diminta oleh masa aksi tersebut hadir diruang pertemuan. Sesi pertemuan dilakukan dengan mendengarkan upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah terkait dengan pemedaman kebakaran lahan dan hutan di Jambi.
Setelah mendengarkan juga permintaan dari perwakilan masa aksi, pihak DPRD Provinsi Jambi sepakat untuk membentuk tim PANSUS yang akan di inisiasi langsung oleh komisi 2 DPRD Provinsi Jambi.
Disepakati bersama, bahwa proses kerja tim pansus akan menjadi bagian dari pekerjaan bersama perwakilan elemen yang melakukan aksi.  Agenda bersamanya adalah melakukan pengumpulan dokumen lapangan yang akan disusun oleh beberapa elemen aksi.

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.