ASAP MAKIN MENYEBAR

ASAP MAKIN MENYEBAR
Hujan Buatan tak Effektif, Bom Air perlu digencarkan



JAMBI, KOMPAS – Asap yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan di Jambi kian menyebar. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jambi memperkirakan , hal ini akan berdampak ke Negara-negara tetangga seiring dengan pergerakan angin yang cenderung ke araha utara.

“Arah angin umumnya bergerak dari tenggara dan selatan. Asap dari Sumatera bisa menuju ke negeri tetangga” Kata Koordinator Bidang Pengkajian dan Informasi BMKG Jambi Kurniangsih.

Direktur Eksekutif Walhi Jambi, Minggu (5/7) di Jambi, menilai upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Jambi cenderung dilimpahkan kepada Negara. Sementara tanggungjawab para pemegang konsensi dalam mengantisipasi kebakaran lahan dalam wilayahnya minim dengan dalih keterbatasan alat, tenaga dan factor keamanan.

“Padahal pengamanan hutan dan lahan dari kebakaran merupakan tanggung jawab yang melekat sejak perusahaan mendapatkan izin konsesinya”, ujarnya.


Untuk itu para pemegang konsensi didorong agar sigap mengantisipasi kebakaran lahan di wilayahnya. Kelalaian pemegang konsensi dalam mengatasi masalah tersebut menimbulkan bencana asa yang merugikan masyarakat luas. “Masyarakat tidak mau jadi korban akibat perusahaan tidak bertanggungjawab menjaga lahannya”. Katanya.

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.