SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP



Dalam memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada setiap tanggal 5 Juni 2014, Walhi  Jambi  bersama komunitas generasi hijau, Sispala dan Mapala mengadakan kegiatan bersama. Kegiatan yang dilakukan untu memperingati hari lingkungan tersebut baru bisa dilakukan pada tanggal 15 Juni 2014 dimulai pada pukul 07 – 11 Wib  dengan beberapa kegiatan.
*      Performance Art 
Aksi performance art dilakukan dalam bentuk aksi teaterikal. Dengan mengusung isu tentang para petani Jambi yang selalu mengalami penindasan dari para pemilik modal perkebunan besar. Dalam aksinya, peserta memakai kostum petani dan diikat oleh seorang  pemilik modal yang selalu melakukan penyiksaan.
Penampilan lainnya dari aksi teaterikal tersebut juga menggambarkan seorang yang menggunakan kostum ikan. Didalam teaterikal tersebut, ikan yang diperankan mengalamii kondisi yang memprihatinkan dari akibat semakin banyaknya limbah industri perkebunan yang mencemari air sungai.
*      Panggung  Ecologi
Panggung ecologi diisi dengan acara perlombaan baca puisi yang bertemakan lingkungan tingkat umum. Peserta yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 24 peserta dengan menghadirkan dewan juri yang telah lama berkecimpung dalam aktifitas seni di Jambi. Selain perlombaan membaca puisi lingkungan tingkat umum, kegiatan dimeriahkan juga dengan pembagian balon-balon dengan syarat untuk mendapatkannya harus memberikan ucapan khusus yang bertemakan lingkungan.
Dalam acara yang berlangsung, selain para undangan lembaga-lembaga  pelaku lingkungan hadir juga komunitas onthel yang hadir dilokasi untuk turut mendukung acara yang diselenggarakan. Semua masyarakat yang hadir berharap agar kegiatan yang diselenggarakan oleh Walhi jambi untuk mengkampanyekan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan harus tetap dilakukan. Dan harapan tersebut juga lahir dari beberapa komunitas seni dan sastra, mereka akan memberikan dukungan teknis kedepannya jika Walhi jambi akan kembali melakukan kegiatan yang bertemakan lingkungan.

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.