Jambi Segera Miliki Hutan Desa Terluas di Indonesia


Senin, 11 Oktober 2010 

TEMPO Interaktif, Jambi – Provinsi Jambi dalam waktu dekat ini akan memiliki hutan desa terluas di Indonesia. Warga masyarakat 17 desa di lima kecamatan, Kabupaten Merangin, Jambi, lewat tiga lembaga swadaya masyarakat, tengah mengusulkan 49.514 hektare untuk dijadikan hutan desa. Usulan ini sudah diverifikasi pihak Kementrian Kehutanan, dan tinggal menunggu izinnya keluar.


Hutan tersebut, merupakan kawasan hutan produksi masuk dalam areal penyangga Taman Nasional Kerinci Sebelat. “Upaya ini kita lakukan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat desa sekitar hutan untuk mengolah sendiri lahan itu,”, kata Arif Munandar, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jambi, Senin (11/10).

Lahan ini dulunya sudah pernah diajukan sebagai lahan usaha Hutan Tanaman Industri (HTI) oleh PT Duta Alam Makmur seluas 83.500 hektare, Tetapi karena alasan tertentu, maka izinnya sudah dibatalkan Kementerian Kehutanan.

Pembatalan tersebut, kata Arif, atas perjuangan masyarakat desa setempat bersama sejumlah LSM - antara lainnya Walhi dan KKI Warsi, karena bila lahan tersebut dikelola swasta, dikhawatirkan penebangan hutan akan merambah ke kawasan taman nasional.

Robert Aritonga, dari KKI Warsi mengatakan, masyarakat sekitar hutan menjamin tidak akan merambah kawasan taman nasional, karena terbukti sejak dulu hingga kini masyarakat desa sekitar malah ikut melindungi perusakan kawasan itu.

SYAIPUL BAKHORI

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.